Menggapai Cita-Cita si Kecil yang #HebatnyaBeda dengan Theraplay


Kalau bicara tentang cita-cita, apa sih cita-cita si kecil Mams? Mungkin untuk anak usia pra sekolah seperti anakku, cita-cita masih berdasarkan apa yang ia suka saat ini atau profesi yang pernah ia lihat. Tapi sebagai orang tua tentu kita harus mendukung mereka untuk menggapai cita-citanya. Nah, kira-kira bagaimana ya caranya?

Sabtu 6 April 2019 lalu, aku menghadiri acara Cita-citaku #HebatnyaBeda yang diselenggarakan oleh PT Wyeth Nutrition Sduaenam dan Clozette Indonesia. Aku senang banget karena acara ini aku dapat ilmu baru yang sangat bermanfaat, khususnya bagaimana caranya mendukung cita-cita si Kecil yang #HebatnyaBeda



Hari itu acara dibuka oleh Tim Clozette dan sharing session oleh Mam Eriska Rein mengenai cita-cita anaknya. Meski aku sedikit terlambat, beruntung masih bisa mendengarkan sesi mengenai Perilaku si Kecil di usia Pra-Sekolah oleh dr. Bernie Endaryani Medise, Sp.A(K) selaku spesialis dokter anak, konsultan tumbuh kembang.

Kata dr. Bernie, Perilaku dan karakteristik anak itu ditentukan oleh nature (genetik-30%) dan nurture (pola asuh, nutrisi-70%). Perilaku adalah berbagai respon yang terkoordinasi, baik itu beraksi atau tidak, dari individu atau kelompok terhadap rangsangan internal dan/atau eksternal.

Jadi, bagaimana sih cara mengenal perilaku anak usia pra-sekolah?

  • Melibatkan semua aspek perilaku anak (Akal, Fisik, Sosial).
  • Penilaian secara reguler dan rutin.
  • Menyesuaikan parameter perilaku sesuai dengan tahapan perkembangan otak anak.

Dengan mengenal perilaku si Kecil di usia pra-sekolahnya, aku sebagai Mam bisa mengerti jenis stimulasi apa yang harus kuberi, dan bagaimana bentuk pola asuhku agar dapat terus mendukung sinergi kehebatan Akal, Fisik dan Sosial si Kecil.

Lalu, ada Mam Maria Fransisca selaku Brand Manager S-26 Procal GOLD, yang menjelaskan bahwa untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, selain dengan mengenali perilaku anak usia pra sekolah, memberikan stimulasi yang tepat, kita juga harus memberikan nutrisi yang tepat. Salah satunya dengan memberikan si Kecil susu S-26 Procal GOLD. S-26 Procal GOLD dilengkapi dengan formula Multiexcel yang mengandung Kolin (untuk perkembangan otak), Zat Besi, Selenium, Kalsium dan Vitamin D yang tinggi. Formula Multiexcel ini berguna untuk membantu dan mendukung kemampuan belajar si Kecil agar lebih maksimal lagi.

Selain itu, untuk mendukung si Kecil dalam menggapai cita-citanya yang #HebatnyaBeda, kita harus lebih bonding dengan si Kecil lho, Mams! Nah, untungnya di acara kemarin, aku diperkenalkan dengan metode Theraplay oleh Mba Astrid Wen, Psikolog Anak dan Keluarga sekaligus certified Theraplay Practisioner.

Theraplay adalah metode psikologis untuk membangun hubungan antara orang tua dan anak melalui permainan yang menyenangkan.

Theraplay ini tercipta tahun 1975 di Amerika Serikat, berasal dari The Theraplay Institute Chicago oleh Ann Jernberg dan Phyllis Booth. Alasan metode ini dijadikan program nasional dan ditujukan untuk anak usia 3-4 tahun, karena pada saat itu terdapat banyak kasus anak-anak yang tidak bahagia dan penuh dengan tekanan stress, yang mengakibatkan gangguan emosi dan masalah dalam belajar.

Metode ini memperkenalkan model baru dalam berinteraksi dengan anak, yaitu bermain dengan anak-anak, memperhatikan anak-anak dan terkoneksi dengan anak-anak. Adapun 5 prinsip Theraplay:

  1. Dipandu oleh orang tua (Mam/Pap)
  2. Ada kedekatan, sentuhan dan kontak Mata
  3. Tujuan untuk bersenang-senang
  4. Sederhana
  5. Menikmati momen

Hari itu kitapun diberi kesempatan untuk mempraktekan beberapa permainan dengan metode Theraplay ini langsung dengan si Kecil.

Pertama adalah Lotion Games, mengoleskan lotion kepada anak, sambil berinteraksi, lalu kita mulai memijatnya dengan lembut sambil menatap matanya.

Kedua, ada Cotton Balls, dengan cara menaruh kapas di hidung kita untuk kemudian ditiup oleh anak. Setelah anak berhasil meniupnya kita memberikan komentar positif sambil kontak mata, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Terakhir, Paper Punch, kita bertanya kepada anak, apa cita-citanya, lalu anak diminta untuk memukul/membolongi kertasnya dengan tangan mereka. Jika berhasil, kita memberi si Kecil pujian. Jadi sambil bermain, kita juga bisa membantu si Kecil untuk meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga ia bisa menggapai cita-cita yang #HebatnyaBeda. Menyenangkan!

Semoga tulisan ini juga bermanfaat untuk Mams dalam membantu menggapai cita-citaku #HebatnyaBeda si Kecil.
Thank you for having us PT Wyeth Nutrition Sduaenam and Clozette Indonesia!



xoxo,
Fetty

Comments

  1. Thanks for sharing such a nice piece of information.i really like your work keep it up
    small business accounting services

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts